Close

Program Zakat

Rizki ialah salah satu nikmat dari Allah untuk seluruh hambanya, memiliki harta yang lebih merupakan salah satu kenikmatan rizki. Namun bagi seorang muslim harta yang dimiliki bukan seluruhnya hak diri mereka sendiri, melainkan ada hak-hak orang lain yang harus diberikan,  salah satunya dengan membayar Zakat Maal.

Latar belakang

Membayar Zakat adalah rukun islam ke empat, zakat merupakan kewajiban bagi umat muslim. Selain kewajiban, menunaikan zakat juga bisa menambah ketenangan hati dan mendapatkan pahala Allah yang berlipat ganda.

Allah berfirman:

وَمَا آتَيْتُمْ مِنْ زَكَاةٍ تُرِيدُونَ وَجْهَ اللَّهِ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُضْعِفُونَ

“Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan Allah, maka (yang berbuat demikian) itulah orang-orang yang melipat gandakan (pahalanya).” (QS. Ar-Rum: 39).

Ketika seseorang mengeluarkan zakat dengan ikhlas, selain mendapatkan pahala Allah iya juga bisa membantu untuk meringankan beban orang lain.

Salah satu zakat yang harus dikeluarkan oleh seorang muslim yaitu Zakat Maal. Zakat maal merupakan zakat harta. Maksudnya adalah membersihkan harta yang dimiliki dengan cara memberikannya kepada mustahiq (yang berhak). Hukum memberikan zakat maal adalah fardhu a’in atau wajib. Perintah mengeluarkan zakat maal, sama halnya seperti mengeluarkan zakat fitrah.

Yayasan Al-Sofwa hadir sebagai lembaga amil zakat, yang bergerak di bidang dakwah, pendidikan dan sosial. Yayasan Al-Sofwa bertujuan mempermudah para dermawan serta donatur untuk  senantiasa bisa dan terus tetap berbagi kepada sesama melalui Yayasan Al-Sofwa. Yayasan Al-Sofwa  berperan sebagai penghimpun dana zakat serta penyalur dana zakat yang dilakukan secara langsung, jujur dan amanah kepada mustahiq (yang berhak menerimanya).

Tujuan dan Manfaat

  1. Mengharapkan pahala Allah .
  2. Membersihkan harta dari yang bukan haknya.
  3. Membersihkan dan mengikis akhlak buruk.
  4. Ungkapan rasa syukur atas nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala.
  5. Untuk pengembangan potensi umat.
  6. Membantu meringankan beban orang lain.
  7. Dapat menyucikan diri dari dosa, memurnikan jiwa (menumbuhkan akhlak mulia menjadi murah hati, peka terhadap rasa kemanusiaan) dan mengikis sifat kikir serta serakah.

 

Penutup

Sedikit zakat yang anda berikan, berarti besar bagi mereka yang membutuhkan. Salurkan donasi zakat anda sebagai salah satu bentuk kepedulian dan rasa syukur terhadap Allah. Atas kerjasama dan kepercayaan berdonasi kepada Yayasan Al-Sofwa kami ucapkan jazaakumullah khairan.

Salurkan Zakat Maal anda melalui
🗳 Rekening a/n⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣⁣ Yayasan AlSofwa⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
 
💳 Muamalat 3040032271
📱 wa.me/6281806008474⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
 
🕌 Yayasan Al-Sofwa
Jl. Raya Lenteng Agung Barat
No. 35 Jagakarsa Jakarta Selatan
☎ 02178836327

Operasional Pondok Tahfidz Wadi AL-Quran

Beasiswa Pendidikan

Beasiswa Pendidikan Pengkaderan Da'i Putra Daerah

Show Buttons
Hide Buttons