Close

Tebar Hewan Qurban

Latar Belakang

Idul Adha yang dilaksanakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah juga dikenal dengan sebuatan “Hari Raya Haji”, dimana kaum muslimin yang sedang menunaikan haji yang utama, yaitu wukuf di Arafah. Mereka semua memakai pakaian ihram, melambangkan persamaan akidah dan pandangan hidup, mempunyai tatanan nilai yaitu nilai persamaan dalam segala segi bidang kehidupan. Tidak dapat dibedakan antara mereka, semuanya merasa sederajat. Sama-sama mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Perkasa, sambil bersama-sama membaca kalimat talbiyah.

Selain nama hari raya haji, idul adha juga dinamakan “Idul Qurban”, karena pada hari itu Allah memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, maka ia diberi kesempatan untuk berQurban, yaitu dengan menyembelih hewan Qurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى

Qurban (Qurban) berasal dari kata qariba-yaqravu-Qurbanan yang berarti dekat atau mendekatkan. Dalam hal ini, Qurban dimaksudkan untuk mendekatkan diri kepada Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى, sebagai bentuk ketaatan kepada Nya. Qurban dilakukan pada hari Idul Adha dan hari tasyrik, yakni 10, 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Qurban adalah ibadah yang diutamakan, sebagaimana hadits riwayat Aisyah, r.a, Rasulullah saw. Bersabda:

““Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan. Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya.” (Hadits Hasan, riwayat al-Tirmidzi: 1413 dan Ibn Majah: 3117).”

Oleh karena itu, Qurban sangatlah dianjurkan oleh nabi karena memiliki banyak sekali keutamaan, manfaat serta pahala yang bisa didapatkan dari mengerjakannnya.

Yayasan Al-Sofwa sebagai lembaga amil zakat memiliki program Tebar Hewan Qurban sebagai salah satu upaya mempermudah para dermawan serta donatur dalam melaksanakan dan menyalurkannya, Lewat program ini, hewan Qurban akan dibeli langsung dari peternak, disembelih dan kemudian didistribusikan secara langsung ke seluruh pelosok negri oleh Yayasan Al-Sofwa.

Salurkan Dana Qurban anda melalui :
🗳 Rekening a/n⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣⁣ Yayasan AlSofwa⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
💳 BCA 5470494141
💳 Bank Syariah Mandiri 7999090995
📱 wa.me/6281806008474⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
🕌 Yayasan Al-Sofwa
Jl. Raya Lenteng Agung Barat
No. 35 Jagakarsa Jakarta Selatan
☎ 02178836327
Show Buttons
Hide Buttons