Close

FIDIYAH

Fidyah diambil dari kata “fadaa” artinya mengganti atau menebus. Bagi beberapa orang yang tidak mampu menjalankan ibadah puasa dengan kriteria tertentu, diperbolehkan tidak berpuasa serta tidak harus menggantinya di lain waktu. Namun, sebagai gantinya diwajibkan untuk membayar fidyah.

Ada ketentuan tentang siapa saja yang boleh tidak berpuasa. Hal ini tertuang dalam surat Al-Baqarah ayat 184.

  • اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ وَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍۗ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهٗ ۗ وَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya:

(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Dengan aturan yang telah ditetapkan secara syariat islam, maka fidyah wajib dibayarkan sesuai dengan takaran yang telah ditetapkan. Yayasan Alsofwa berperan sebagai wadah untuk menyalurkan FIDYAH kepada golongan yang berhak menerimanya, serta memudahkan orang yang ingin mengeluarkan FIDYAH untuk membayarnya.

Salurkan Fidiyah anda melalui :
⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
🗳 Rekening a/n⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ Yayasan AlSofwa⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
⁣⁣⁣⁣⁣💳 BCA 5470304776⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
💳 Muamalat 3070012773⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
💳 Mandiri 1270006257495⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
💳 Mandiri Syari’ah 799909099⁣⁣⁣5
🕌 Yayasan Al-Sofwa
Jl. Raya Lenteng Agung Barat
No. 35 Jagakarsa Jakarta Selatan
☎ 02178836327
Show Buttons
Hide Buttons